Lomba Kesiapsiagaan terhadap Bencana di Lingkungan Sekolah

Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana secara jelas menyatakan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pendidikan, pelatihan, dan keterampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, baik dalam situasi tidak terjadi bencana maupun situasi terdapat potensi bencana. Melalui pendidikan diharapkan agar upaya pengurangan risiko bencana dapat mencapai sasaran yang lebih luas dan dapat diperkenalkan secara lebih dini kepada seluruh peserta didik, dengan mengintegrasikan pendidikan pengurangan risiko bencana ke dalam kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan.

Dengan adanya UU tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan merasa mempunyai tanggung jawab untuk membumikan terkait hal mitigasi dan kesiapsiagan bencana serta pengelolaan risiko bencana satuan pendidikan. Sebagai wujud nyata dari hal tersebut, maka Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus melalui Kelompok Kerja Penghargaan dan Perlindungan melaksanakan Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana oleh Guru dan Kepala Sekolah.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

1. menuangkan hasil praktik baik guru tentang pembelajaran mitigasi dan kesiapsiagaan bencana;

2. meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam mengelola risiko bencana pada satuan pendidikan; dan

3. meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan bencana di kalangan guru dan kepala sekolah pendidikan menengah dan pendidikan khusus.

Kriteria Naskah

a. Artikel harus memenuhi kriteria pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru, yaitu Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten (APIK).

b. Artikel asli/orisinal atau bukan plagiat dan tidak melanggar UU Hak Cipta serta belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain dilampiri surat pernyataan penulis mengenai keaslian dan belum pernah dipublikasikan dibubuhi meterai Rp 6.000,- (contoh terlampir). Batas toleransi kemiripan (turnitin) maksimal 30%.

c. Artikel berisi tentang praktik baik.

d. Artikel harus mencantumkan identitas penulis, nama, telepon kantor, HP, surel, mata pelajaran yang diampu, alamat kantor dan kota domisili.

e. Jumlah kata terdiri dari 3.000 s.d 5.000 kata (tidak termasuk gambar, abstrak, daftar isi, daftar rujukan dan lampiran), menggunakan kertas ukuran A4 dengan marjin kiri dan atas 4 cm; marjin kanan dan bawah 3 cm, huruf Tahoma, ukuran font 11, dengan spasi 1,15 dengan format PDF.

f. Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) artikel.

g. Karya guru dilampiri lembar pengesahan yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah.

h. Karya Kepala Sekolah dilampiri lembar pengesahan yang ditandatangani oleh pengawas sekolah.

Persyaratan Peserta

Persyaratan Peserta Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana oleh Guru dan Kepala Sekolah adalah sebagai berikut.

a. Guru SMA, SMK, dan Satuan Pendidikan Khusus (TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB, SMKLB dan SLB) .

b. Kepala Sekolah SMA, SMK, dan Satuan Pendidikan Khusus (TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB, SMKLB dan SLB).

c. Tercatat di Dapodik Kemendikbud yang dibuktikan dengan tangkapan layar (screenshot) dan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

d. Memiliki NUPTK e. Surat Pernyataan Aktif Mengajar yang ditandatangani Kepala Sekolah bagi Guru.

f. Surat Pernyataan Aktif Kepala Sekolah yang ditandatangani Pengawas Sekolah bagi Kepala Sekolah.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan untuk mendownload Surat Edaran dan Pedoman Lomba Kesiapsiagaan Bencana melalui link di bawah ini.

yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

View all posts by yudhistira →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *