Empat Penyebab Motor Ngebul

Pasti pernah kita melihat sepeda motor 4-tak mengeluarkan asap yang tidak smestinya. Itu artinya keluar asap secara berlebihan atau biasa orang menyebutnya ngebul. Dasar utama terjadi asap ngebul adalah tercampurnya oli ke dalam ruang bakar sepeda motor. Sehingga gas pembuangan yang seharusnya jarang terlihat oleh mata kita, ini menjadi asap putih atau hitam pekat. Hal ini karena komponen hidrokarbon yag ada di dalam oli ikut terbakar. Sedangkan asap hitam biasanya lebih dikarenakan dari bahan bakar karena pencampuran yang berlebihan.

Pada kondisi normal, kondisi tersebut jarang ditemukan oleh motor injeksi. Hal ini dikarenakan motor injeksi sudah dilengkapi penyetelan pencampuran udara dengan bahan bakar melalui sistem komputerisasi. Sehingga lebih pas dan tepat sesuai dengan kondisi di sekitar lingkungan (suhu, tekanan udara disesuaikan dengan pasokan bahan bakar melalui sensor yang ada). Oleh sebab itu, sekarang banyak orang yang mengenakan motor injeksi untuk terhindar dari kebulan asap hitam pekat.

Namun, jika masih terjadi asap ngebul¸perlu diperiksa kondisi beberapa komponen penyebabnya. 

Penyebab Motor Ngebul

Ring Piston Aus

ring piston aus

Disampaikan oleh Atto Rahmat dari PT Enwan Multi Partindo melalui laman otomania.gridoto.com, bahwa penyebab paling umum adalah ring piston yang melemah. Sehingga kompresi menjadi menurun, oli akan masuk ke dalam ruang bakar.

Komponen ring terbagi menjadi 2 macam, yaitu ring kompresi dan ring oli. Kedua ring tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ring kompresi berfungsi untuk merapatkan celah antar piston dan blok silender agar tekanan kompresi tidak bocor. Sedangkan, ring oli berfungsi mencegah keluarnya oli dari ruang engkol ke ruang bakar.

Kedua celah pada ring ini untuk memungkinkan ring masuk pada ruang bakar. Tetapi, jika ring mengalami keausan, maka celah pada ring akan membesar. Akibatnya oli yang terdapat pada bak oli dapat masuk pada ruang bakar dan mengakibatkan knalpot motor keluar asap putih.

Seal Klep Aus/Rusak

Keluarnya asap pada motor, tidak hanya terjadi oleh mesin bagian dalam oleh oli yang masuk ke bagian ruang bakar. Tetapi, keluarnya asap juga berasal dari mesin bagian atas. Fungsi dari katup yaitu sebagai pintu yang bertugas memasukan udara untuk pembakaran mesin dan mengatur pembuangan gas dari sisa-sisa pembakaran mesin.

Setiap katup akan tediri dari beberapa seal yang dapat mencegah oli bocor ke dalam manifold. Namun, seal ini dapat mengalami pengerasan yang membuat daya rapatnya menurun. Penyebab dari pengersangan seal diakibatkan oleh faktor pemakaian.

Akibat dari kerusakan seal katup adalah oli bisa masuk dengan mudah pada manifold serta masuk dalam mesin. Cara mengatasi kerusakan tersebut yaitu dengan mengganti seal katup dengan yang baru.

Blok Silinder Baret

Perlu diketahui, cara kerja pada ring piston dengan blok silinder sama-sama saling bergersekan. Jadi, ketika ring piston sudah melemah dan aus, maka blok silinder juga dapat mengalami kerusakan atau baret. Jika komponen blok silinder ini mengalami keausan, maka dapat terjadi seperti permasalah ring piston aus yaitu oli masuk ke dalam ruang bakar. Solusi dari permasalahan ini dengan cara bore up atau membubut ulang pada lapisan blok silinder. Dalam bore up tentu saja, kapasaitas ruang bakar akan berubah dari ukuran awalnya. Untuk mengetahui ukuran ruang bakar, kamu juga bisa melihat artikel Menghitung CC Sepeda Motor.

Batang Katup Bengkok


klep bengkok

Batang katup adalah batang yang menghubungkan bagian katup dengan bagian cam. Normalnya, batang katup harus sepenuhnya lurus 100% tanpa mengalami kebengkokan. Sehingga lebih presisi dalam membuka dan menutup katup dan tak terjadi kerengganga lubang.

Jadi, jika batang katup ini mengalami kebengkokan otomatis posisinya tidak bisa center. Karena, lubang katup yang terdapat seal sudah di set secara center dengan lubang intake. Maka, jika batang ini bengkok maka salah satu sisi seal akan  tertekan dan salah satu sisinya akan melonggar. Kelonggaran tersebut akan menjadi jalan oli memasuki manifold yang terhubung pada ruang bakar.

Demikianlah empat penyebab dan cara mengatasi motor ngebul. Jika sudah mengalami gejala asap ngebul sebaiknya jangan ragu untuk ke bengkel. Karena untuk mengatasi beberapa masalah tersebut tidak semua orang bisa. Harus dikerjakan oleh orang yang sudah terbiasa atau ahli dalam bongkar pasang bagian mesin sepeda motor.  Semoga dapat bermanfaat.

yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

View all posts by yudhistira →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *