Inspirasi Pembuatan RPP 1 Lembar

Pembelajaran tanpa perencanaan tentu akan terasa garing. Sama halnya orang mau perang tapi tidak menyiapkan strategi yang akan digunakan untuk memenangkan peperangan. Tentu akan merasa kelabakan jika tidak bisa mengendalikan keadaan. Inilah yang bisa dimaknai dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP dibuat untuk memudahkan guru dalam mengondisikan kelas. Sama halnya, mengskenariokan adegan-adegan yang akan dilakukan di dalam kelas. Tentu saja tujuan akhirnya adalah tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan muatan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan.

RPP terdahulu sebagaimana kita tahu, berupa lembaran-lembaran kertas yang berisi SK-KD sampai dengan teknik evaluasi yang akan dilakukan. Dibuat secara runtut dan mengbaiskan berlembar-lembar kertas. Bahkan untuk K13, jika ditotal dengan lampirannya, nisa dikatakan satu RPP bisa terdiri belasan bahkan puluhan lembar kertas.

RPP 1 LEMBAR
RPP INSPIRATIF

RPP Ringkas tapi Harus Bermakna

Pencanangan Merdeka Belajar yang dilakukan oleh Menteri Nadiem Makarim mengubah pola lama menjadi pola baru. RPP yang berlembar-lembar diubah menjadi beberapa lembar saja bahkan dikatakan satu lembar halaman saja. RPP dibuat menjadi sangat sederhana. Lalu apa saja poin penyederhnaan RPP Merdeka Belajar. Silahkan dapat Anda lihat di dalam artikel saya yang lain, yaitu Poin Penting Penyederhaan RPP Merdeka Belajar.

Kebermakanaan RPP ini diungkapkan dengan beberapa hal yaitu:

  • Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
  • Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

RPP Inspiratif 1 Halaman

RPP Inspiratif ini dibuat oleh Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Balitbang Kemdikbud. Harapannya tentu bisa menjadi inspirasi bagi bapak/ibu guru di seluruh Indonesia untuk membuat RPP Merdeka Belajar sesuai dengan kreasi dan kebutuhan di lapangan.

Berikut RPP Inspiratif 1 Halaman

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [5.36 MB]

Etik Riysaningsih dalam jatengpos.co.id mengatakan suatu hal yang tidak dapat ditawar bahwa RPP wajib dibuat oleh pendidik dengan model pembelajaran yang disesuaikan dengan KI dan KD. Pendidik menjabarkan dan mengembangkan kompetensi dasar kedalam indikator pencapaian kompetensi serta tujuan pembelajaran. RPP yang disusun pendidik memuat hal yang berkaitan langsung dengan aktivitas pembelajaran sebagai upaya pencapaian dan penguasaan kompetensi bagi peserta didik. Dan, diusahakan konsep pembelajaran dapat emngacu pada aktivitas peserta didik.

Demikian RPP Inspiratif 1 halaman, semog adapat menjadi inspirasi dalam pembuatan RPP pada setiap mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu di sekolah. Selamat berkarya mencerdaskan anak bangsa.

yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *