Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar merupakan elemen induk di dalam pengembangan perangkat pembelajaran bagi seorang guru. Dasar pemakaian KI dan KD ada pada Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016. Di mana keduanya merupakan bagian Standar Kompetensi Lulusan sebagai standar dalam menentukan kelulusan peserta didik.

Standar Kompetensi Lulusan sendiri merupakan kriteria mengenai kualifikasi kemampuan peserta didik yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan. Sebagaimana ketiganya merupakan konsep dasar dalam penilaian seorang peserta didik. Baik yang dilakukan setiap pertemuan atau pun menggunakan periodisasi waktu sesuai dengan penyelesaian kompetensi dasar.

Kompetensi Inti

Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh seorang peserta didik pada setiap tingkatan kelas maupun dalam satuan pendidikan.

Itu artinya, kompetensi inti menggambarkan kualitas yang harus dicapai oleh peserta didik dalam ketiga aspek atau ranah. Baik itu sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Begitu juga, kompetensi inti juga menggambarkan kualitas peserta didik tidak hanya setiap kenaikan tingkat namun juga menggambarkan kualitas lulusan pada suatu satuan pendidikan.

Dalam penerapannya, kompetensi inti terbagi menjadi empat dimensi yaitu 1) spiritual, 2) sosial, 3) pengetahuan, dan 4) keterampilan. Namun dalam penerapannya, kompetensi spiritual dan sosial dapat dilaksanakan dengan secara tidak langsung include dalam rangkaian proses pembelajaran.

Misalnya, ketika mengawal pembelajaran biasanya di awal dengan berdoa. maka ini merupakan pencapaian dari kompetensi spiritual. Walaupun juga bisa dimasukkan dalam pengembangan dan pendidikan karakter peserta didik.

Sedangkan kompetensi pengetahuan atau lebih dikenal dengan kelompok 3, dan kompetensi keterampilan dikenal dengan kelompok 4. Yang mana menjadi dasar penetapan kompetensi dasar. Atau istilah teknisnya, KD 3. …. dan KD 4. ….. yang merujuk pada kompetensi inti dimensi pengetahuan (3) dan keterampilan (4).

Baca Juga:

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar merupakan kemampuan minimal yang harus dicapai peserta didik pada materi pembelajaran dalam mata pelajaran tertentu yang merujuk pada kompetensi inti.

Dengan memahami pengertian di atas, kompetensi dasar memang sudah merujuk pada tataran teknis materi pembelajaran pada suatu mata pelajaran. Oleh karenanya, terkadang diasumsikan sebagai bab-bab dalam suatu mata pelajaran.

Hanya yang memberikan makna sebagai kompetensi adalah kata yang mengawali suatu kompetensi dasar. Misalnya

KD Kimia SMK

3,1 Menganalisis perubahan materi dan pemisahan campuran dengan berbagai cara.

3.4 Melakukan pemisahan campuran melalui praktikum berdasarkan sifat fisika dan kimianya.

Di dalam contoh tersebut, kata yang saya cetak tebal menggambarkan dimensi pengetahuan dan keterampilan (praktik) sedangkan materi pembelajaran di atas berkaitan dengan perubahan materi dan pemisahan campuran.

Kompetensi inti dan Kompetensi dasar dirancang untuk memudahkan guru dalam merancang pembelajaran sesuai standar kelulusan yang sudah ditetapkan. Guru tinggal melihat keadaan dan kebutuhan dari sumber daya yang ada di sekitar.

Baik itu kemampuan dasar peserta didik, kelengkapan sarana maupun lingkungan dan sumber belajar yang lain untuk mendukung tujuan pembelajaran pada setiap kompetensi dasar yang sudah ditetapkan.

Demikian pengertian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Semoga bermanfaat.


yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *