Tidak semua orang bisa berkesempatan untuk melanjutkan kuliah. Banyak faktor yang melatarbelakanginya. Namun, jika Anda termasuk yang berkesempatan untuk melanjutkan kuliah, patutlah bersyukur atas pencapaian hal itu. Terlepas kampus Anda negeri atau swasta, menginjakkan kaki untuk memperoleh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah kebanggaan tersendiri.

Namun, jangan hanya cukup berbangga diri. Masih banyak hal yang perlu Anda kerjakan di dalamnya. Oleh karenanya, jangan hanya berleha-leha menikmati status quo di dalam perjalanan kuliah Anda. Lakukan hal-hal yang penting untuk pengembangan diri. Karena sejatinya, kehidupan mahasiswa adalah kehidupan yang semu. Karena kehidupan yang real sedang menanti Anda setelah lulus nanti.

Banyak yang sudah lulus ternyata lapangan pekerjaan yang datang tidak semua sesuai dengan ijazah selama kuliah. Padahal hidup harus terus berlanjut. Banyak di lapangan, sarjana teknik kerja di bank. Banyak pula sarjana sains, peternakan, dan sebagainya malah menjadi guru. Semua serba terbalik, walaupun prosentase tidak besar, tapi itu nyata keadaannya.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan selama menjalani kehidupan kuliah. Beberapa hal ini, akan sangat membantu diri Anda untuk upgrade kemampuan diri. Efeknya nanti setelah kuliah bisa dirasakan.

Perubahan Mindset

Saya selalu menyampaikan hal ini kepada murid-murid saya yang akan melanjutkan kuliah. “Yang membedakan seseorang yang kuliah dengan tidak adalah perbedaan mindset atau cara pandang dalam menjalani kehidupan yang sesuai dengan karakter dirimu.”

Usia lebih matang saat kuliah lebih mudah menerima perbedaan budaya, karakter orang, keilmuan, dan sebagainya. Benturan-benturan perbedaan tersebut membuat orang lebih terbuka dengan setiap perbedaan. Begitu pula terbuka dalam menyikapi setiap permasalahan yang dihadapi karena perbedaan tersebut.

Perubahan mindset menjadi hal terpenting selama menjalani aktivitas perkuliahan. Anda bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa menghadapi kondisi diri sendiri dan lingkungan. Tidak ada yang mengawasi diri selain diri sendiri. Sehingga, rasa tanggung jawab akan muncul lebih baik dan lebih matang sesuai dengan perkembangan usia dan gesekan karakter dengan lingkungan yang baru.

Selain itu, cara pandang dalam menjalan kehidupan sesuai dengan keinginan Anda juga diuji di sini. Anda kan menemukan hal-hal baru yang sesuai ataupun tidak dengan keinginan Anda. Anda bisa memilihnya dengan bijak. Kuliah tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan saja, namun jug keterampilan.

Anda lulus hanya bermodalkan pengetahuan maka akan kalah bersaing. Untuk kehidupan ke depan, dunia tidak hanya membutuhkan orang yang berpengetahuan, namun juga berketerampilan. Saran saya, selama menjalan kuliah, usahakan mencari bidang keterampilan yang perlu Anda tekuni. Hal ini untuk menunjang kehidupan setelah Anda lulus. Percayalah hal ini!

Membagi Waktu

Jangan bilang ini hal sepele. Pembagian waktu dalam menjalani kuliah sangat berpengaruh dalam efektifitas hidup Anda. Banyak mahasiswa sekarang yang lebih suka nongkrong di cafe atau warung kopi atau juga depan laptop ngegame dibandingkan nongkrong di perpustakaan atau diskusi ilmiah.

Saya tidak mengatakan itu tidak boleh. Tapi jika tidak bisa memanage dengan baik, maka habislah kuliah Anda. Saya punya dua siswa, dulunya sama-sama satu kelas waktu SMK, kuliah pun pada fakultas yang sama. Keduanya juga mendapat beasiswa, namun yang satu fokus kuliah dengan aktivitas positif, yang satunya keblinger pada candu ngegame. Akibatnya, beasiswa ditarik karena IPK tidak memenuhi syarat untuk semester berikutnya.

Ini contoh nyata, jika tidak bisa memanage waktu dengan baik, maka kerugian yang akan mendatangi. Walaupun masih tetap melanjutkan kuliah, tapi harus merelakan beasiswa yang selama itu didapat. Sayang sekali, bukan?

Terbuka dengan Tantangan

Berlatihlah dengan hal ini. Terbuka dengan setiap tantangan yang ada. Nanti setelah lulus, dihadapkan dengan dunia kerja, ada banyak hal yang tak terduga datang. Anda bisa saja diminta oleh pimpinan untuk menjalankan kegiatan atau proyek yang sebenarnya tidak punya pengalaman di dalamnya. Tapi karena pimpinan melihat, Anda seorang pembelajar dan antusias, hal tersebut bisa terjadi.

Atau karena kawan Anda berhalangan hadir, bisa saja Anda diminta untuk menggantikannya. Padahal kita belum terbiasa dengan pekerjaan kawan, hasilnya badan bergegar, jantung berdebar dan pasti kebingungan. Hal itu sangat-sangat bisa terjadi. Namun, jika sudah terbiasa menghadapi tantangan, tentu hasilnya paling tidak lebih baik ketika menghadapi hal yang serba mendadak seperit itu.

Beradaptasi dengan Komunitas Baru

Setiap orang akan menjalani kehidupan dengan orang, komunitas atau tempat yang baru. Terbiasalah dengan hal itu. Anda bisa memulainya dengan memudahkan diri Anda untuk beradaptasi dengan orang-orang baru, komunitas-komunitas yang baru selama kuliah.

Beriring dengan kematangan berpikir sebagai seorang manusia, apa yang didapat selama kuliah akan sangat membantu dalam perkembangan karakter diri Anda nantinya. Khususnya di dalam dunia kerja nanti. Orang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan dan komunitas yang baru, akan lebih mudah untuk sukses. Karena setiap orang bisa mempercayai Anda sebagai orang yang punya kapabilitas sesuai pengetahuan yang didapat dan keterampilan yang ditekuni selama kuliah.

Beradaptasi dengan komunitas baru, bukan berari kita harus sok kenal dengan orang-orang baru. Namun, mencoba untuk menampilkan keterbukaan di dalam bergaul dan beradaptasi. Artinya, lebih mengerti dan memahami orang-orang yang baru dikenal. Tetapi bukan berarti kita lupa dengan diri sendiri. Jadi diri sendiri itu juga penting.

Tambah Pengetahuan Baru

Selama kuliah, biasanya berkutat dengan diktat pelajaran yang diikuti selama kuliah. Namun, saran dari saya, berusalah untuk tetap membumikan budaya membaca dalam diri Anda. Ini sangat membantu Anda dalam menambah wawasan Anda jika harus menghadapi orang-orang baru.

Pengetahuan yang luas memudahkan kita untuk bergaul dengan orang lain. Bisa saja mereka akan menyukai diri kita, jika kita mempunyai sudut pandang yang berbeda dengan kebanyakan orang lain. Selain itu, di dalam dunia kerja, akan sangat nampak sekali perbedaan orang yang mempunyai pengetahuan lebih dengan yang terbatas. Buktikan sendiri, karena saya sudah membuktikannya.

Semoga pengalaman yang saya share ini membantu untuk menghidupkan dunia kuliah yang akan dan sedang Anda jalani. Jadilah diri yang bertanggung jawab dengan keputusan Anda untuk kuliah. Karena kuliah, merupakan keputusan yang besar dalam hidup Anda. Maka, Anda juga harus menghasilkan karya yang besar karena kuliah Anda.


yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *