pengertian webinar

Apa pengertian dari Webinar (Seminar Online)? Apa yang menjadi kelebihan ikut webinar? Apakah manfaat mengikuti webinar (seminar online). Terlebih lagi kondisi saat ini keadaan dunia, tak lepas juga Indonesia sedang dilanda pandemi COVID-19. Webinar menjadi salah satu alternatif yang paling tepat untuk tetap produktif. Walaupun kita harus lockdown dan stay at home. Sebagai guru kita bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi khusus untuk melakukan pembelajaran (seminar kecil) melalui daring atau online.

Dalam dunia pendidikan, tidaklah tabu seorang guru harus meng-update pengetahuan dan keterampilannya, khususnya di bidang IT. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membantu kita untuk dapat mengajar maupun menyebar dan mencari ilmu secara daring dan real time. Internet membantu kita melakukan semua itu. Developer aplikasi dan web berlomba-lomba menciptakan suatu aplikasi yang memudahkan semua orang untuk menuntaskan pekerjaannya. Semua pekerjaan yang seharusnya dilakukan secara kontak fisik, saat ini dapat dilakukan secara online. Semua peserta dapat terlihat dan terlibat di layar kamera dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

shuttertock.com

Apa itu Webinar (Seminar Online)?

Pengertian Webinar (seminar online) disusun dari dua kata yaitu web dan seminar. Oleh karena itu, webinar dapat diartikan sebagai seminar, pembelajaran, atau presentasi yang melibatkan orang banyak dari berbagai tempat dengan bertatap muka secara langsung (online) melalui media internet (web, aplikasi). Jika mengambil definisi itu, maka ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Antara lain koneksi internet yang stabil, laptop atau smartphone (kamera), dan aplikasi atau web yang digunakan untuk sarana pertemuan dengan menggunakan ID dan password tertentu.

Fungsi Webinar (Seminar Online)

1. Sebagai tempat untuk menyampaikan materi presentasi

Materi belajar bisa Anda bahas melalui webinar tanpa harus bertatap muka. Memang pasti ada kekurangannya dibandingkan dengan tata muka langsung. Akan tetapi ini adalah solusi terbaik jika keadaan tidak memungkinkan bisa bertemu secara langsung.

Jika Anda seorang guru, maka materi pembelajaran dapat dijelaskan dengan kegiatan ini. Siswa juga dapat bertanya aktif untuk memahami materi. Karena terkadang, siswa tidak bisa memahami materi jika harus berliterasi sendiri. Bahkan terkadang malah tidak terarah. Sehingga webinar mempunyai fungsi untuk menyampaikan materi belajar/presentasi kepada peserta dengan baik dan terarah.

2. Sebagai tempat sharing tugas atau materi

Jika Anda seorang guru yang ingin memberikan tugas secaera online, bisa menggunakan seminar online ini. Setelah Anda menyampaikan materi, kemudian ingin menguji pemahaman siswa maka tugas bisa Anda share melalui webinar.

3. Sebagai tempat rapat atau koordinasi

Terkadang keadaan memaksa kita tidak bisa bertemu langsung. Maka aplikasi webinar membantu Anda tetap bisa rapat dan berkoordinasi untuk menyelesaikan masalah. Ataupun untuk membahas sesuatu yang memang harus segera dikoordinasikan.

Manfaat dan Kelebihan Webinar (Seminar Online)

Apa saja yang Anda dapatkan saat Anda mengikuti Webinar dibandingkan Anda hadir Seminar tatap muka pada umumnya?

1.Hemat Biaya

Anda tidak perlu keluar rumah, saat mengikuti Webinar ini. Anda tidak perlu keluar ongkos transport bukan? 

2. Sangat fleksible. 

Anda dapat mengikuti Webinar ini di manapun Anda berada, yang terpenting Anda memiliki koneksi internet yang stabil

3. Anda dapat berinteraksi dengan banyak orang 

Walaupun Anda tidak bertemu langsung tetapi tetap bertatap muka langsung di dunia maya.

4. Anda dapat belajar langsung  dari para Ahli

Anda tetap dapat Belajar dari para ahli sesuai bidang Anda walaupun tidak tatap muka. Biasanya dalam webinar kegiatan yang berlangsung dapat direkam. Sehingga dapat diputar kembali materi yang disampaikan. Walaupun biasanya host-lah yang bisa merekamnya, namun tak semua aplikasi webinar bisa merekam.

Jika Anda ingin mencoba aplikasi webinar Zoom Meeting, di dalam artikel saya ini terdapat Cara Share File Presentasi di Aplikasi Zoom Meeting. Silahkan untuk dibaca. Semoga bisa membantu dalam melakukan webinar (seminar online) dengan para peserta didik Anda. Silahkan download dulu aplikasi zoom mealui link Download Zoom Meeting.

By yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

One thought on “Apa itu Webinar (Seminar Online)?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *