Penghapusan Ujian Nasional menjadi Asesmen Kompetensi Minimum pada tahun depan, sudah seharusnya menjadi perhatian oleh banyak guru. Perihal bagaimana konsep, bentuk serta pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum yang akan diujikan tahun depan.

Sekolah sebagai institusi beserta pemangku kebijakan di dalamnya sudah seharusnya tanggap terhadap apa yang akan diujikan kepada anak didik mereka. Jika tidak ingin anak didiknya kelabakan menghadapi ujian yang benar-benar baru dan berbeda. Sehingga sekolah harus mengeluarkan kebijakan untuk mencari informasi terkait AKM.

Setiap guru harus bersiap untuk memahami apa itu Asesmen Kompetensi Minimum dan atribut yang dibawanya . Hal ini punya tujuan untuk memudahkan anak didiknya ndalam mengerjakan soal AKM. Jika guru sampai kaget dengan konsep AKM, apalagi siswa.

Guru Belajar Seri AKM

Kemendikbud setelah beberapa waktu yang lalu sukses menyelenggarakan program Guru Belajar Seri Covid-19, kali ini mengeluarkan program baru yaitu Guru Belajar Seri AKM. Program ini bertujuan agar setiap guru yang ikut tergabung dapat memahami konsep dan pelaksanaan AKM di tahun depan.

Login Guru Belajar

Hal yang penting di dalamnya adalah bagaimana guru juga harus memahami konsep literasi dan numerasi di dalam soal-soal AKM. Lemahnya literasi dan numerasi di dalam pendidikan nasional sudah menjadi pekerjaan rumah yang cukup lama. Harapannya, dengan sistem ujian nasional dengan konsep ini, akan memaksa guru, sekolah dan tentunya siswa sebagai objek untuk ke depannya berbenah memperbaiki sistem dan pola belajar yang baik.

Yang baik dalam arti, membiasakan diri dalam berliterasi. Membiasakan membaca, mendengar dan memahaminya suatu persoalan. Ini penting, karena siswa akan belajar untuk menganalisis persoalan dalam sebuah wacana yang disajikan. Dalam kehidupan nyata, untuk ke depannya siswa akan terbiasa untuk membaca dan memahami suatu keadaan agar tidak mudah untuk bereaksi tanpa didukung data dan fakta yang pasti.

Sedangkan dalam bidang numerasi, AKM akan memaksa siswa agar menganalisis suatu persoalan dengan hitung-hitungan sederhana, namun butuh pemahaman yang baik. Numerasi yang identik dengan matematika, akan terasa berbeda jika disajikan dalam bentuk literat (bacaan). Oleh karena, jika kebiasaan membaca rendah maka akan susah memahami apalagi melakukan kalkulasi dan numerasi yang ada pada bacaan.

Syarat Peserta Guru Belajar Seri AKM

Peserta yang dapat mengikuti program ini adalah guru, kepala sekolah, dan pengawas SD, SMP, SMA, SMK yang mempunyai akun SIMPKB. Peserta lain juga dapat ikut adalah dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dari jenjang SD, SM, SMA, dan SMK yang mempunyai akun SIMPKB.

Keuntungan yang bisa dapat peserta adalah mengetahui dengan detail konsep dan pelaksanaan AKM untuk tahun depan. Selain itu, disediakan sertifikat bimtek setara 32 jam pelatihan.

Baca Juga:

Soal Asesmen Kompetensi Minimum

Jadwal Pelaksanaan Guru Belajar Seri AKM

Jadwal pelaksanaan Guru Belajar Seri AKM ini terbagi dalam beberapa angkatan. Sampai tulisan ini, dalam website Guru Belajar (LINK) baru terdapat sampai angkatan 4.

  • Angkatan 1 : 1 – 5 Januari 2021
  • Angkatan 2 : 6 – 10 Januari 2021
  • Angkatan 3 : 11 – 15 Januari 2021
  • Angkatan 4 : 16 – 20 Januari 2021

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.


yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *