Manfaat pembelajaran daring tentunya sebagian dari kita sudah merasakannya. Pembelajaran daring yang sudah dilakukan kurang lebih satu tahun ini, memang tidak semudah yang dibayangkan. Berbagai persoalan datang mengiringi selama perjalanan itu. Namun, kegiatan itu harus tetap dilakukan sebagai upaya untuk berjalannya proses pendidikan di Indonesia.

Hak peserta didik untuk mendapatkan pendidikan tetap harus terlayani dengan baik. Agar lost generation tidak terjadi di Indonesia terkait pengetahuan dan pendidikan di Indonesia.

Walaupun hasil maksimal belum juga tercapai melalui belajar daring, namun paling tidak ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan selama belajar daring selama ini.

Manfaat Pembelajaran Daring

Dalam kondisi pandemi atau tidak, pembelajaran daring tetap bisa menjadi pilihan yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran. Bedanya, ketika pandemi pembelajaran daring menjadi pembelajaran utama, sedangkan pembelajaran biasa bisa menjadi pembelajaran alternatif untuk variasi pembelajaran.

Kemudahan dalam Dokumentasi

Pembelajaran daring mempunyai keunggulan di mana file dapat diakses dan di-share melalui media internet. Bentuk file dalam digital tidak perlu memakan tempat yang banyak. Bahkan tidak memakan memori HP atau laptop. Dapat disimpan di Google Drive atau media penyimpanan ain berbasis digital di internet.

Kemudahan dalam mendokumentasikan dan mengakses melalui internet menjadikan pembelajaran daring semakin mudah untuk dilakukan. Kendala yang pasti dijumpai tentunya kuota, dan sinyal internet.

Fleksibilitas Waktu

Hal paling terasa dalam pembelajaran daring adalah fleksibilitas penggunaan waktu di dalam proses pembelajaran. Tentu jadwal pembelajaran sudah ditetapkan, namun teknis di lapangan sejatinya guru yang mengaturnya. Tinggal kesepakatan yang dibuat antara guru dengan peserta didiknya.

Bahkan tidak jarang, batas waktu pengumpulan tugas diberikan keleluasaan bagi peserta didik untuk mengumpulkannya. Artinya, guru tidak menuntut ketika pembelajaran daring selesai maka tugas juga harus selesai pada waktu itu juga. Biasanya diberikan tenggat waktu yang lebih fleksibel agar siswa bisa lebih mengeksplorasi penugasan dan materi yang telah disampaikan oleh gurunya.

Kehangatan Bersama Keluarga

Sebenarnya, hikmah pembelajaran daring bagi suatu keluarga adalah tumbuhnya kehangatan antar anggota keluarga. Orang tua bisa lebih mendekatkan dirinya dengan masuk dalam r kegiatan belajar anaknya.

Mengetahui perkembangan pengetahuan sang anak dengan terlibat langsung saat daring saat ini, menjadi kesempatan luar biasa bagi ayah dan bunda. BIsa jadi, kebanyakan orang tua selama ini terlalu sibuk dengan pekerjaannya.

Namun, kondisi kerja di rumah dan belajar di rumah mempersatukan anak dan orang tua dalam satu atap rumah bersama-sama. Jadi, manfaatkan saja keadaan saat ini untuk menumbuhkan dan meningkatkan bunga cinta keluarga melalui pembelajaran daring.

Mengenal Aplikasi Edukasi untuk Pembelajaran Daring

Saat kondisi normal, bisa jadi kita hanya mengandalkan internet hanya untuk browsing saja. Namun, saat pandemi banyak sekali muncul aplikasi dan ruang belajar yang berbasis e-learning untuk bisa digunakan.

Guru maupun peserta didik tidak hanya mengenal namun juga berusaha untuk mempelajari cara penggunaan. Sehingga upgrade pengetahuna dan skill penggunaan teknologi menjadi berkembang lebih baik. Manfaatnya, penggunaan e-learning ini bisa menjadi alternatif yang baik ketika kondis sudah kembali normal

Guru tidak lagi tergantung dengan pembelajaran tatap muka yang serba konvensional. Namun, pemberian materi, penarikan tugas, dan pelaksanaan evaluasi dapat dilakukan dengan daring. Semua serba efisien dan fleksibel.

Ramah Lingkungan

Hal ini tidak bisa dipungkiri, di mana penggunaan dunia maya meminimalisir penggunaan bahan-bahan alam. Sehingga efisiensi kertas, tinta dan perangkat lain berbasis alam bisa sangat dikurangi. Data cukup direkam dalam memori penyimpanan berbasis digital.

Jika memang harus di dokumentasikan secara fisik, tentu cukup di print data akhir setelah proses analisis dilakukan. Tidak perlu lagi harus mengeprint setiap lembar kegiatan yang dilakukan. Cukup pelaporan akhir yang menunjukkan ada tidaknya perkembangan selama pembelajaran.

Manfaat pembelajaran daring tentu saja bisa lebih banyak. Setiap dari kita yang terlibat proses pembelajaran daring mempunyai sudut pandang tersendiri. Saya selaku guru, paling tidak merasakan beberapa manfaat pembelajaran daring seperti di atas yang telah dibahan.

Harapannya, semua kembali normal kembali. Aktivitas pembelajaran normal seperti sedia kala. Tatap muka dengan anak menjadi pilihan utama dalam proses pembelajaran. Karena kita benar-benar bisa menilai kemampuan anak jika terjadi interaksi nyata dengan peserta didik.

Semoga saja, secepatnya kembali normal.

Baca Juga:

Kesalahan Guru dalam Pembelajran Daring

Instrumen Pembelajaran Daring


yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *