Membaca Kata, Menuliskan Makna

Resume 1 :

Waktu: Senin, 5 Oktober 2020

Pukul : 19.00-21.00 WIB

Materi: KATA ADALAH SENJATA

Narasumber: ABDUL HAKIM BUSRO

Malam ini saya mengakui ada ruh yang berbeda mengalir di dalam pelatihan ini. Tidak menjemukan, tidak membosankan. Narasumber pertama di pelatihan ini, Bapak Abdul Hakim Busro dengan suara khas penyiar radio, mampu membawa saya untuk mengikuti dengan saksama. Kata yang muncul begitu deras, dan mudah dipahami. Ilmu yang disampaikan terlihat sekali begitu luasnya.

tips membaca bagi pemula
Sumber gambar: pexels.com

Dimulai dengan kata bijak milik beliau

“Mereka yang tidak berani membunuh ketakutan akan terbunuh oleh ketakutan.” (Abdul Hakim Busro)

Adakalanya keinginan menuangkan tulisan dalam sebuah karya buku dibayang-bayangi dengan keraguan. Keraguan akan ketidakpercayan terhadap diri sendiri. Apakah karya saya ini bagus atau tidak? Apakah karya saya ini layak untuk diterbitkan atau tidak? Dari kata bijak tersebut, saya mengambil suatu kesimpulan sederhana. “Tantang diri sendiri untuk membunuh ketakutan dan keraguan di dalam diri, sehingga keberhasilan berada di kuatnya genggaman tangan dan lembutnya hati.”

Kata adalah Senjata

“Kata adalah senjata. Karena semua berawal dari kata.  Dengan kata, kita bisa memberikan cinta. Dengan kata, kita bisa juga memberikan luka. Dengan kata, kita bisa berkreasi dengan banyak hal.” (Abdul Hakim Busro)

Kata adalah suatu hal pokok dalam berbahasa. Melalui kata kita berkomunikasi dua arah untuk saling mengerti dan memahami. Oleh karena itu, penggunaan kata dalam berbahasa harus mempunyai konsep yang jelas. Dimana konsep itu sudah tersusun sedemikian rupa sehingga mudah untuk digunakan. Seperti layaknya Bahasa Indonesia yang sudah tersusun rapi dan baku di dalam KBBI.

Bahasa Indonesia mempunyai standar kebakuan dari setiap kata. Hal ini untuk menjelaskan konsep baku terkait dengan kata dalam bahasa Indonesia. Dalam Vlog milik Pak Abdul Hakim Busro, di sana dicontohkan beberapa kata yang pemakaian sehari-hari tidak baku. Padahal kalau merujuk KBBI, ada bahasa bakunya. Contohnya batere seharusnya bentuk bakunya baterai. Kata praktek lebih sering kita dengar, padahal bentuk bakunya praktik.

Nah, untuk membuatnya lebih familiar sebenarnya cukup sederhana. Kita harus terbiasa menggunakan bahasa yang baku dan baik sesuai dengan kaidahnya. Tentu penggunaannya tidak serta merta di semua tempat. Di dalam kalangan kawan sedaerah (di kampung atau perantauan), tentu bahasa daerah menjadi pilihan utama. Namun, dalam kesempatan lain yang bisa jadi berbeda daerah tentu kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena itu wujud dari kebanggaan terhadap Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagaivsalah satu alat pemersatu bangsa.

Membaca adalah Kunci Pembuka Keberhasilan

Membaca adalah gerbang utama sekaligus kunci pembuka bagi yang ingin menggenggam keberhasilan. (Abdul Hakim Busro)

Saya termasuk orang yang punya prinsip demikian. Kebiasaan membaca sudah saya mulai sejak kuliah. Bahkan setiap bulan saya harus menyisihkan uang saku untuk membeli buku baru. Sehingga jumlah buku yang ada di rumah saat ini lebih dari 500 buku dari berbagai genre buku. Semua itu tak sia-sia, dan saya percaya itu.

Orang yang terbiasa membaca mempunyai sudut pandang yang berbeda. Maka tidak heran, orang hebat terlahir karena kebiasaan membaca yang kuat. Dalam konteks dunia kepenulisan, saya mengiyakan kata dari Pak Abdul Hakim Busro. Seorang penulis harus banyak membaca untuk memperkuat makna dari tulisannya. Pemilihan diksi yang tepat, serta ribuan kosakata akan mudah terpanggil dari memori kita. Sehingga proses menulis lebih mudah mengalir dan berkarakter.

Perbendaharaan kosakata menjadi modal utama dalam menulis yang baik. Karena dengan banyaknya kosakata, kita bisa memilih dan memilah mana kata yang tepat untuk suatu kalimat. Sehingga makna dari kalimat tersebut lebih jelas dan mudah untuk dipahami. Pada akhirnya, hasil tulisan mempunyai keterikatan makna antara satu kata dengan kata lain. Satu kalimat dengan kalimat lain. Satu paragraf dengan paragraf lain.

Baca Juga:

Rendahnya Tingkat Pemahaman dalam Membaca

Tips Membaca bagi Penulis Pemula

Bapak Abdul Hakim Busro memberikan saran tips membaca bagi penulis pemula salah satunya mulailah dengan bacaan yang disuka. Bacalah lebih banyak lagi sambil mencoba untuk membaca buku dengan genre berbeda. Kemudian cintailah kegiatan membaca. Tetapkan tujuan Anda ketika ingin membaca. Ingin menjadi apa setelah membaca. Ini merupakan salah satu motivasi terbaik untuk meningkatkan minat membaca.

Oh iya, kalau boleh share, saya pernah membuat tulisan terkait dengan menumbuhkan minat membaca. Di dalam tulisan saya itu, juga bisa membantu menjawab pertanyaan bagaimana tips menumbuhkan minat membaca bagi pemula. Tulisan ini saya buat pada tanggal 23 Januari 2013 dalam blog lama saya, namun blog ini sekarang tidak terlalu terurus lagi. Tapi apapun itu, barangkali ini menjadi sesuatu yang positif maka tidak ada salahnya untuk saya share. Jika berkenan, silahkan kunjungi link blog saya yang lama Menumbuhkan Minat Baca.

Kata Pamungkas

Saya harus jujur kepada saya sendiri, ilmu yang diberikan oleh Bapak Abdul Hakim Busro seolah-olah booster bagi saya. Apa yang selama ini saya pahami tentang arti membaca untuk diri saya, digenjot lagi motivasinya oleh beliau. Prinsip ilmunya mirip dengan pemahaman saya. Sehingga boleh saya katakan, untuk malam ini benar-benar menggugah kebiasaan dan impian saya dalam menulis. Semoga saja bisa konsisten membaca kata dan menuliskan makna.

Salam dan selamat berkarya.

yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

You may also like...

12 Responses

  1. AAM NURHASANAH says:

    Syuka sekali blognya cantik, isinya menarik, kerennnn

  2. Rani Susanti says:

    Ajarin dong Pak… Bikin blog sekeren itu… Menarik banget

  3. Bagus sekali resumenya, tampilannya sangat memanjakan yang melihatnya, kata-katanya juga sangat mudah dimengert.

  4. Abdul Hakim Busro says:

    Tulisan yang keren, Mas. Alhamdulillah jika materi dan motivasi tadi malam mampu mengedukasi dan menginspirasi. Terima kasih apresiasinya. Selamat berkarya, sukses! Amin.

  5. Bagus sekali resumenya. Seperti inilah resume yang diharapkan.
    Tampilan blognya juga sangat profesional. Domain juga sudah TLD. Mantap pak.

  6. Emidarwati says:

    Bagus sekali resumenya pak, jelas urutannya dr awal sampai akhir dr resume materi, tampilan rapi dan ada tulisan yg ditebalkan.. Dan saya mulai mempraktekkan tips membaca bagi pemula diawali dgn yg disukai, Sukses selalu mencapai impiannya menjadi penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *