Pilih WordPress atau Blogspot? Bahagialah Menulis

Masih bingung pilih WordPress atau Blogspot? Kedua platform ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang mengatakan memakai Blogspot lebih mudah daripada menggunakan WordPress. Ada juga yang memilih WordPress karena tampilannya lebih dinamis dan menarik sehingga kelihatan profesional. Itu sekelumit pendapat orang terkait perbandingan keduanya.

Malam ini, pertemuan keenam pelatihan menulis bersama Om Jay dan narasumer lainnya mendatangkan Bambang Purwanto atau lebih dikenal sebagai Mr BamS. Beliau dikenal sebagai guru, pendongeng, pegiat literasi bahkan master WordPress. Ya, master WordPress. Beliau mempunyai kelas Belajar WordPress sampai beberapa angkatan. Diikuti banyak peserta yang ingin belajar membuat blog dengan platform WordPress. Untuk lebih menngenal beliau, silahkan kunjungi profil lengkap beliau melalui tautan blog beliau di https://penamrbams.id.

Dalam perkuliahan pertemuan keenam, Mr. BamS memberikan banyak materi terkait kebiasaan menulis di dalam blog. Menuliskan setiap kegiatan di berbagai blog yang telah dibangunnya. Bahkan memberikan motivasi untuk menebarkan kebahagiaan lewat kata-kata maupun tulisan di dalam blog.

Sebagaimana beliau senantiasa aktif menebarkan kata-kata bahagia dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari kebiasaan di rumah. Kemudian menjadi pakem yang dipakainya di dalam menulis di blog. Dimana setiap hari beliau update kata-kata bahagia di blog. Apakah yang menarik dari pembahasan perkuliahan pada pertemuan keenam? Mari kita simak.

Mana yang Lebih Baik, WordPress atau Blogspot?

Setiap perbandingan ada kelebihan dan kelemahan. Sama halnya perbandingan dua paltform blog atau website, antara WordPress dan Blogspot. Bahasan seperti ini memang lumrah terjadi pada orang yang baru memulai menulis dan membangun suatu blog atau website. Untuk kaitan dengan perbandingan ini Mr. BamS menyerahkan sepenuhnya pada para peserta.

Beliau memberikan saran, pilihlah yang paling nyaman untuk digunakan. Sambil belajar memperdalam untuk menguasai platform yang digunakan. Bahkan beliau lebih menekankan untuk fokus menulis. Fokus menebarkan inspirasi melalui tulisan. Karena pada intinya mau pakai WordPress atau Blogspot, konten atau isi adalah hal yang utama. Sedangkan pernak-pernik yang lainnya dapat dipelajari sambil jalan.

Baca Juga:

Konsisten Belajar Mengelola Blog

Mr. BamS menyampaikan di dalam kuliah pertemuan keenam kemarin bagaimana mengelola blog yang baik. Ada banyak hal yang perlu dipelajari dalam membangun blog atau website. Pengalaman saya dalam membangun blog kurang lebih sama dengan Mr Bams di mulai tahun 2008. Saat itu masih kuliah, namun pada saat itu belum mempunyai fokus yang jelas dalam membangun blog.

Bahkan menulis pun masih ala kadarnya, bisa dibilang kebingungan memulai menulis. Di awal-awal perkenalan dengan blog, saya memakai Blogspot karena lebih umum dikenal dan nyaman. Namun, di tahun 2012 saya berpindah ke WordPress karena pertimbangan lain. Untuk ini, nanti akan saya bahas di bawah, dengan saya sandingkan pembahasan Mr. BamS sub bagian “Jangan Terjebak Tampilan Blog” di bawah ini.                                                                                           

1.Niche Blog Apa?

Niche dalam dunia blog artinya tema atau topik blog yang Anda bangun. Apa yang akan Anda bahas dan tuliskan di dalam blog. Tidak ada yang membatasi Anda mau membahas secara khusus suatu bidang. Misalkan dicampur-campur itu hak Anda, namun dengan fokus pada satu bidang, Anda lebih fokus untuk menuliskannya. Bahkan bisa dibilang dengan fokus ke satu bidang, Anda dapat membangun profil Anda. Atau bahasa lainnya ”personal branding”. Anda punya kekhasan tertentu membahas suatu bidang tertentu.

Keuntungan lain dengan membangun blog di atas satu fokus bahasan adalah lebih disukai oleh Google. Karena bahasan Anda sangat jelas. Algoritma Google dalam mengindeks suatu blog salah satunya adalah kefokusan Anda di dalam pembahasan isi blog. Hal ini berpengaruh besar terhadap iklan adsense. Jika suatu saat nanti blog Anda mau dipasangi iklan adsense dari Google, maka fokus satu bahasan memudahkan tim Google dalam penilaiannya.

2. Jangan Terjebak Tampilan Blog

Bagi sebagian orang yang baru mengelola blog biasanya tertarik dengan tampilan blog orang lain. Punya orang terlihat lebih rapi, dinamis bahkan profesional. Maka terbersit bagaimana caranya ya membuat blog seperti itu? Tampilan blog memang penting, karena mampu menjadi daya tarik tersendiri ketika dikunjungi oleh orang lain. Namun, jangan terjebak pada persepsi itu. Mengapa?

Inilah yang menjadi kelemahan saya, seperti yang saya janjikan di atas kenapa saya berpindah platform dari Blogspot ke WordPress. Karena sering mengutak atik kode html dan css yang ada di blog supaya tampilan lebih menarik, saya kehilangan fokus. Ya, fokus menulis menjadi kabur dengan mementingkan tampilan blog.

Tampilan memang penting, namun jangan mengaburkan fokus menulis Anda. Sambil menulis boleh-boleh saja mengelola blog menjadi lebih baik. Baik dari segi tulisan maupun dari segi tampilan blog. Namun, jangan mengaburkan niatan untuk menuliskan inspirasi di dalam tulisan Anda. Seperti yang telah disampaikan oleh Mr Bams lebik baik fokus dulu untuk mengisi blog dengan tulisan. Posting tulisan secara rutin 2 hari sekali, 1 minggu sekali ataupun setiap hari. Ini jauh lebih penting bagi kita yang masih pemula di dalam dunia tulis menulis maupun pengelolaan blog.

Baca Juga:

3. Pahami Optimasi Blog

Optimasi blog dalam dunia blogging dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization). Optimasi blog dapat diartikan bagaimana mengelola blog agar ramai dikunjungi oleh orang lain. Agar tulisan kita bisa masuk dalam halaman pertama Google. Mengapa begitu? Karena peluang orang mengklik suatu blog atau website adalah jika muncul di halaman pertama Google. Seperti contohnya blog saya, jika Anda menuliskan kata kunci “permendikbud no 19 tahun 2020”, Anda bisa menjumpai blog saya di halaman pertama Google.

Bagaimana caranya? Banyak sekali caranya. Baik secara natural maupun memakai plugin atau alat tambahan yang dipasang di dalam blog.  Bukan berarti plugin itu membantu muncul di halaman pertama. Tetapi plugin itu membantu Anda mengoreksi tulisan Anda agar sesuai dengan algoritma Google. Sehingga peluang muncul di halaman pertama serta dikunjungi orang lain semakin besar.

Ingat kata kuncinya adalah tulisan Anda. Hal ini juga disampaikan oleh Mr Bams, bahwa untuk menarik kunjungan orang lain, rutinlah dalam menulis. Sehingga tulisan akan semakin baik. Selain itu jangan lupa untuk sharing ke mesia sosial atau komunitas. Ini juga sangat membantu dalam menaikkan kunjungan ke blog.

Baca Juga:

Konsistensi Isi

Konsistensi isi ini mengandung makna, rajin-rajinlah menulis blog. Buatlah periodisasi yang jelas seperti yang disampaikan Mr Bams. Selalu siapkan tulisan untuk diposting walaupun itu sederhana. Siapkan di dalam Word dengan baik, sehingga tulisan enak dibaca setelah diposting. Hal ini membantu untuk mengembangkan kemampuan menulis, begitu juga mampu membantu untuk optimasi blog Anda.

Menebar Bahagia dengan Menulis

Blog adalah salah satu media untuk menyimpan tulisan. Tulisan seperti apa yang akan Anda buat, tentu yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Tanpa harus membandingkan blog sendiri dengan orang lain. Jadilah tuan rumah di blog Anda sendiri. Kelola dengan baik agar orang lain semakin betah berkunjung di blog yang Anda bangun.

Jadikan tulisan kita menjadi inspirasi untuk orang lain. Membuat orang bahagia serta menebarkan manfaat bagi orang lain. Begitu pula disampaikan oleh beliau, jadikan aktivitas menulis untuk memanjangkan umur kita. Kita boleh saja meninggal, tapi tulisan kita akan kekal abadi dikenang orang sepanjang zaman.

Salam. Selamat Berkarya.

yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

You may also like...

14 Responses

  1. Rizky Kurnia Rahman says:

    Wuih, keren, Pak! Orang awam yang baca ini pasti dapat insight baru.
    Penulisan bagus, tidak ada kesalahan penulisan dalam kata-kata lho! Terbukti editingnya bagus.
    Namun, sedikit saran, tadi ada yang diulang. Kalimat: keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada dua tempat yang muncul begini. Mungkin bisa dicari kalimat lain atau dibuang salah satunya.
    Begitu saja saran dari saya, Pak. Semoga sukses dan terus menulis!

  2. Yuk iin says:

    Konsistensi isi…ini yg suka bingung. Msh mencari jati diri, jd blm bs nambah-nambah isi rumah saya…
    Selalu keren tulisannya… sukses terus y Pak
    Silakan mampir ke tempat saya
    Mhn saran masukannya
    yukindrimenulis.blogspot.com

  3. Ida A says:

    Resumenya bagus, ada yamg diulik di bidang perbedaan antara wordpress dan bloger. Sehingga menjadi iinformasi yang menarik. Mantap

  4. Saya hanya bisa pesan amazing,,, itu saja kurang faham PEUBi,, itu sdh ada pak ketua super juri nasional,, salam sukses ya

  5. Alhamdulillah dapat ilmu lagi tentang dunia BLOG.
    MasyaAllah sangat bersyukur ikut pelatihan belajar menulis Om Jay ini, gelombang 16 pesertanya sudah para ahli, saya yang benar-benar pemula di dunia blog menjadi minder atau tetap semangat? Bismillah memilih tetap semangat belajar dan belajar. Belajar menulis di blog, Blogspot yang sudah saya pilih. Fokus dan konsentrasi pada ikhtiar mengisi blog, semoga bisa lebih baik lagi dengan sering “blog walking”. Mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dari teman-teman yang sudah ahli.
    Terimakasih, semoga bisa terus berbagi ilmu khususnya untuk saya

  6. Min Hermina says:

    Kerenn banget tulisannya, mulai dari konten sampai pemilihan diksi serta tanda baca semua ok banget. Sy banyak belajar dari tulisan bpk.

  7. saya jadi tambah ilmu pak…terima kasih…pokoknya bagus dah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *