Instrumen pelaksanaan UKK setiap tahun selalu dilakukan update dan perubahan yang sesuai degan standar kompetensi yang ada. Uji Kompetensi Keahlian sendiri bagi siswa SMK merupakan hal yang rutin dilakukan sebelum siswa dinyatakan lulus. Bahkan bisa dibilang ini menjadi ritual wajib bagi seorang siswa SMK yang ingin dinyatakan kompeten / lulus dari sebuah sekolah.

UKK merupakan tes atau standar penilaian bagi keahlian atau keterampilan peserta didik. Oleh karenanya hasil penilaian UKK bagi peserta didik untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan dirinya menguasai keahlian selama belajar.

Sedangkan bagi sekolah hasil UKK bisa menjadi tolok ukur evaluasi kompetensi yang dimilik oleh lulusan dari sekolahnya. Sehingga menjadi dasar untuk peningkatan pembelajaran pada angkatan di bawahnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan yang nantinya akan bersinggungan langsung dengan dunia kerja setelah anak didiknya lulus sekolah.

Tujuan Pelaksanaan UKK

Sebagaimana yang telah dituliskan di atas, ada beberapa hal tujuan pelaksanaan UKK bagi sekolah yang bertipe kejuruan.

  1. Mengukur pencapaian kompetensi keahlian peserta didik selama belajar di sekolah.
  2. Memberikan fasilitas sertifikat uji kompetensi keahlian bagi peserta didik.
  3. Memaksimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi keahlian yang berorientasi pada SKKNI.
  4. Menambah erat hubungan kerja sama dengan DUDI sebagai penguji UKK dari pihak eksternal sekolah.

Mekanisme UKK Tahun 2021

Dalam pelaksanaanya, SMK dapat memilih salah satu atau beberapa jenis skema ujian. Dalam UKK SMK TP.2020/2021 terdapat 6 jenis skema ujian, antara lain:

1. Melalui sistem sertifikasi mitra DU/DI atau Asosiasi Profesi

Skema ini adalah SMK terakreditasi dan DU/DI atau Asosiasi Profesi yang melakukan UKK pada Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang disepakati bersama mitra DU/DI atau Asosiasi Profesi.

2. Melalui LSP Pihak Kesatu (LSP-P1)

LSP ini didirikan oleh lembaga pendidikan/ pelatihan berbasis kompetensi yang bertujuan untuk melaksanakan Sertifikasi Kompetensi Kerja terhadap peserta (siswa) dan SDM lainya dari jejaring lembaga induknya yang diberikan oleh BNSP

3. Melalui LSP Pihak Kedua (LSP-P2)

LSP ini didirikan oleh industri/instansi untuk tujuan melaksanakan sertifikasi kompetensi terhadap SDM lembaga induknya, dan SDM dari jejaring kerjanya sesuai dengan lingkup yang diberikan BNSP

4. Melalui LSP Pihak Ketiga (LSP-P3)

LSP ini didirikan oleh asosiasi industry, atau asosiasi profesi dengan tujuan untuk melakukan sertifikasi kompetensi kerja kepada profesi dan sektor tertentu sesuai lingkup yang diberikan BNSP

5. Melalui Panitia Teknik Uji Kompetensi (PTUK) sesuai dengan regulasi yang dikeluarkan oleh BNSP

6. Uji Kompetensi Keahlian mandiri (UKK Mandiri)

UKK ini bisa dilaksanakan secara mandiri oleh SMK terakreditasi bersama Industri Mitra sebagai pasangannya berdasarkan instrumen pelaksanaan UKK yang disusun oleh pemerintah pusat, dan tetap berorientasi pada standar kompetensi lulusan.

Perangkat Pelaksanaan UKK

Perangkat yang dipakai dalam pelaksanaan UKK terdapat beberapa hal yaitu:

  1. Instrumen soal UKK (SPK), merupakan tes berupa penugasan untuk menghasilkan satu atau beberapa pekerjaan selama pelaksanaan UKK.
  2. Lembar Pedoman Penilaian UKK (PPsp) merupakan lembar penilaian yang terdapat rubrik di dalamnya dengan cakupan penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap selama pelaksanaan UKK.
  3. Instrumen Verifikasi Penyelenggara UKK (Inv) merupakan instrumen yang digunakan untuk menilai satuan pendidikan layak atau tidak melaksanakan UKK secara mandiri.

Link Download Pelaksanaan UKK

SE Mendikbud No. 1 Tahun 2021

Pedoman Penyelenggaraan UKK Tahun 2021

Instrumen dan Soal UKK Mandiri Tahun 2021

Instrumen Verifikasi Penyelenggaraan UKK Tahun 2021


yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

2 Comments

Mas-Wans · March 23, 2021 at 10:51 am

Mantap and Terima Kasih banyak pak

    yudhistira · March 25, 2021 at 11:21 am

    sama-sama mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *