Motor sering Mogok, Pahami 5 Hal Ini!

Motor sering mogok menjadi masalah serius ketika kita lagi ada di jalan. Menimbulkan kebingungan jika kita awam terhadap sepeda motor. Terlebih lagi jika kita jauh dari bengkel sepeda motor. Oleh karena itu, baiknya Anda tetap harus mengetahui apa penyebab yang umum terjadi pada sepeda motor mogok. Sehingga Anda tetap waspada. Lakukan secara rutin pemeriksaan terhadap komponen sepeda motor. Hal ini untuk meringankan resiko mogok di tengah jalan.

Sepeda motor tiba-tiba mati atau mogok di tengah jalan dipengaruhi banyak hal. Dalam tulisan ini, dapat kami rangkumkan penyebab yang paling umum. Sekaligus kami berikan solusi untuk mengatasi. Namun yang solusi terbaik tetapi, selalu periksa sepeda motor sebelum melakukan perjalanan.

Mesin Overheat

Masalah pertama yang muncul adalah mesin terlalu panas. Mesin terlalu panas biasanya disebabkan sirkulasi oli yang tidak bagus. Ring piston yang bergesekan dengan silinder (liner boring) yang menyebabkan panas tersebut. Padahal salah satu fungsi dari oli di dalam mesin sebagai pendingin. Karena gesekan dalam frekuensi yang cukup banyak maka panas tidak terkendali. Karena oli tidak mampu untuk mendinginkan panas tinggi hasil gesekan.

Cara mengatasi permasalahan tersebut dengan menunggu dulu mesin benar-benar dingin. Kemudian lepaskan busi, masukkan oli untuk melalui lubang busi. Ini bertujuan untuk melumasi piston agar tidak tersumbat. Setelah mesin dingin dan oli telah dimasukkan, nyalakan motor dengan starter elektrik.

Pemasangan Klep yang tidak Tepat

Pemasangan klep atau katup yang tidak tepat, baik terlalu rapat atau terlalu longgar menyebabkan motor sering mati dan mogok. Hal ini menyebabkan mesin mengalami overheat. Oleh karena itu dalam hal pemasangan klep harus disesuaikan dengan standar pabriknya. Karena ada ukuran tertentu untuk mengatur celah katup dengan feeler gauge. Setiap merk bahkan tipe sepeda motor bisa berbeda ukuran celah katupnya , sebaiknya melihat dulu ukuran celah katup pada buku manual. Jika di bengkel resmi, otomatis mekanik sudah hapal betul ukurannya. Namun, jika di bengkel tak resmi biasanya mengandalkan insting saja. Walaupun bukan berarti bengkel tak resmi tak bagus. Mereka mengandalkan pengalaman sehingga insting mereka terlatih dengan baik.

Baca Juga:

Penyebab Motor Ngebul

Komponen Pengapian Mati

Hilangnya proses pengapian sepeda motor dapat menyebabkan mogok/mati. Pasalnya sepeda motor dapat berjalan jika adanya percikan api dari busi. Percikan api inilah yang memancing ledakan gas bercampur bahan bakar pda ruang bakar. Sehingga mucul daya pendorong pada piston yang menggerakkan sepeda motor. Oleh karena itu, komponen pengapian sepeda motor sangat penting peranannya di dalam proses menghidupkan mesin sepeda motor. Ada beberapa kompone utama yang perlu diperhatikan terkait hal ini.

Pertama, busi sepeda motor harus keadaa baik. Keadaan baik dari segi fisiknya, tidak menampakkan tumpukan arang bekas pembakaran pada kepalanya. Jika ada arang, ini menyebabkan percikan pai yang ditimbulkan tidak akan maksimal. Sehingga perlu dibersihkan dengan amplas. Busi yang bagus memercikkan bunga api berwarna biru, bukan merah. Jika percikan bunga api berwarna merah, sebaiknya segera ganti yang baru saja. Daripada nanti menimbulkan masalah,karena kondisinya sudah tidak normal sesuai dengan standar yang diharuskan.

inews.co.id

Kedua, koil sepeda motor berfungsi untuk menaikkan arus tegangan pada busi. Jika busi tidak menunjukkan percikan bunga apai, salah satunya penyebabnya adalah koil yang rusak atau tidak terpasang dengan baik. Cara mengetesnya dengan memnggunakan multitester. Bagi yang tidak paham sebaiknya serahkan pada bengkel resmi untuk mengeceknya.

Ketiga, CDI sepeda motor merupakan dasar dari pengapian. Bisa dibilang otakanya pengapian. Sehingga CDI dirancang untuk tidakmudah rusak, sama seperti koil pengapian. Keculai terjadi korsleting yang menyebabkan kerusakan pda CDI-nya. Maka dari itu, tidak ada cara lain kecuali menggantinya. Karena sistem kerja di dalamnya adalah komponen kelistrikan, sekali rusak korslet maka diganti seutuhnya, tanpa harus diperbaiki komponen. Hal ini untuk menjaga kualitas dari CDI iru sendiri. Sehingga menghasilkan pengapian yang baik dan sempurna.

Baca Juga:

Menghitung cc Sepeda Motor

Tutup Tangki Tersumbat

Hal sederhana tapi bisa mengakibatkan kebingungan jika tidak mengetahunya. Tutup tangki sepeda motor terdapat celah/lubang kecil yang berfungsi untuk ventilasi atau pernapasan. Jika lubang ini tersumbaty maka sirkulasi udara menjadi tidak normal. Sehingga menyebabkan bahan bakar tidak mengalir dengan baik. Otomatis aliran bahan bakar ke dalam karburator atau injektor menjadi tidak bagus.

Filter Udara yang Kotor

Jangan menyepelekan fungsi filter udara sepeda motor. Yang namanya filter, maka kerja utamnya adalah menyaring. Udara yang masuk ke dalam mesin sepeda motor tidak serta merta dipakai. Harus terfilter dahula agar udaranya bersih. Jika tidak maka akan menyebabkan kerak di dalam ruang bakar. Jika terdapat kerak di dalam ruang bakar, maka mesin akan lebih cepat panas. Inilah yang menyebabkan motor mogok. Lakukan pembersihan kotoran udara secara periodik. Langkah ini cukp  mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Walaupun tentu hasilnya akan berbeda jijka dibersihkan melalui bengkel. Tapi untuk perawatan minimalis masih bisa dilakukan sendiri di rumah.

kumparan.com

Lima hal di atas adalah masalah yang paling umum terjadi jika motor mengalami mogok atau mati mendadak. Mengetahui hal-hal tersebut membantu Anda untuk menyadari bahwa sepeda motor membutuhkan perawatan secara berkala. Jika ada perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah, maka lakukan saja. Jika tidak bisa, maka pergi ke bengkel adalah solusinya.

Sumber:

Astra Motor

yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *