Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

Project Based Learning merupakan bagian dari sekian model pembelajaran yang dipakai dalam kurikulum 2013 (K-13). Sebenarnya apa konsep utama dari Project Based Learning ini?

Seperti yang kita ketahui, model pembelajaran pada K-13 cenderung mengacu pada dengan pendekatan saintifik. Pendekatan ini, mengonstruksi konsep berpikir peserta didik untuk membangun konsep, hukum ataupun prinsip suatu materi pembelajaran dengan alur khas seorang saintis.

Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, kemudian mengolahnya. Sehingga bisa ditarik suatu kesimpulan dari masalah yang telah diidentifikasi. Kemudian langkah terakhir, peserta didik mampu mengomunikasikan konsep atau prinsip materi yang telah ditemukan.1

project based learning
sintaks pjbl
pembelajaran proyek
Sumber: pexels.com

Dalam pendekatan saintifik, terdapat model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak pembahasan berikut ini,

Baca Juga:

Perbedaan Model Pendekatan dan Metode Pembelajaran

Pengertian PjBL

Project Based Learning atau Pembelajaran Berbasiskan Proyek merupakan pembelajaran yang lebih menekankan pada proyek/kegiatan sebagai bentuk pembelajarannya untuk melihat kompetensi sikap, keterampilan maupun pengetahuan siswa. Oleh karena itu, kita bisa melihat secara sekilas, peserta didik harus bisa merancang suatu proyek yang dikerjakan secara bersama-sama pada suatu materi pembelajaran.2

Sehingga tujuan utama dari Project Based Learning ini adalah peserta didik dapat bekerja secara mandiri maupun berkelompok untuk menyelesaikan suatu proyek pembelajaran. Peserta didik harus mampu merancang, membuat alur atau langkah-langkah kegiatan dengan jelas. Dengan begini, peserta didik dapat menggali potensi dirinya terhadap pemahaman materi pembelajaran yang dihadapi.

Sintaks PjBL

Adapun sintaks atau langkah-langkah pembelajaran pada PjBL sebagai berikut:

  1. Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek. Tahap ini sebagai langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam terhadap pertanyaan yang muncul dari fenomena yang ada.
  2. Mendesain perencanaan proyek. Sebagai langkah nyata menjawab pertanyaan yang ada disusunlah suatu perencanaan proyek bisa melalui percobaan.
  3. Menyusun jadwal sebgai langkah nyata dari sebuah proyek. Penjadwalan sangatpenting agar proyek yang dikerjakan
    sesuai dengan waktu yang tersedia dan sesuai dengan target.
  4. Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek. Guru melakukan monitoring terhadap pelaksanaan dan perkembangan
    proyek. Peserta didik mengevaluasi proyek yang sedang dikerjakan.
  5. Menguji hasil. Fakta dan data percobaan atau penelitian dihubungkan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber.
  6. Mengevaluasi kegiatan/pengalaman. Tahap ini dilakukan untuk mengevaluasi kegiatan sebagai acuan perbaikan untuk tugas proyek pada mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lain.1

Apakah Penerapan PjBL Efektif?

Berdasarkan situs Defined Learning, penelitian membuktikan PjBL efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa untuk mendukung pengembangan keterampilan abad 21 (4C), yaitu kreativitas, berpikir kritis, berkolaborasi dan berkomunikasi. Belakangan pendidikan kita juga mengadopsi konsep ini. Konsep keterampilan abad 21.

Artinya, penerapan model pembelajaran Project Based Learning merupakan upaya pemerintah untuk mendorong siswa siap memasuki abad 21 dengan keterampilan yang mumpuni. Pembelajaran saintifik dirumuskan untuk menunjang konsep besar tersebut. Yang mana, konsep 4C ini sudah jamak dipakai di luar negeri.

Referensi:

  1. Sufairoh, 2016. Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional Volume 5 No 3: Malang
  2. https://www.manajemensekolah.web.id/2018/02/model-pembelajaran-berbasis-proyek.html
  3. https://www.definedlearning.com/blog/project-based-learning-research/

yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *