Mengubah file PDF ke Word terkadang menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Bahkan kebanyakan file sharing lebih banyak berekstensi PDF. Hal ini wajar karena PDF merupakan format standar dokumen digital.

PDF mempunyai kepanjangan Portable Document Format. Itu artinya, format dokumen dibuat semudah mungkin untuk diakses dengan ekstensi ini. Hal ini tidak bisa disangkal, bahwa PDF memang fleksibel untuk membungkus file jenis lain dalam satu format. Kita bisa mengumpulkan atau membungkus file bertipe dokumen (berisi kata, huruf, teks, angka dan sebagainya), presentasi, dan gambar dalam satu format ekstensi, yaitu PDF.

Karena dokumen digital lebih banyak yang bertipe PDF, terkadang kita harus mengubah menjadi ekstensi lain, salah satunya Word. Nah, untuk mengubah menjadi Word ternyata beragam caranya. Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengubah PDF ke Word secara Online

Mengubah PDF ke Word secara online terbilang sangat mudah. Anda tidak memerlukan atau mendownload aplikasi untuk mengubahnya. Asalkan laptop atau hp terkoneksi internet, maka proses pengubahan dapat dilakukan seketika itu juga.

Jika Anda googling dengan keyword “cnnvert pdf to word”, Anda akan menemukan banyak sekali website yang menyediakan pengubahan secara online. Namun, di sini saya hanya share yang sering saya gunakan selama ini ketika ingin mengubah file PDF ke Word.

1. SmallPDF

Langkah-langkah untuk mengubah PDF ke WORD:

  • Anda bisa langsung mengunjungi alamat website : https://smallpdf.com/id/pdf-ke-word untuk melakukan proses pengubahan file.
  • Kemudian silahkan klik pada “PILIH FILE” untuk memasukkan file yang ingin diubah.
  • Halaman akan berubah dengan kotak dialog “konversikan ke word”. Ada dua pilihan di sana, yang free dan pro. Silahkan pilih optionnya.
  • Setelah itu, muncul halaman “UNDUH”. SIlahkan klik, dan nikmati file Word yang diinginkan.

Di dalam website smallPDF juga banyak sekali varian yang bisa dikerjakan yang terkait file PDF. Anda bisa mengompres, menggabungkan file PDF bahkan bisa mengedit PDF. Silah kan dipelajari untuk hal-hal tersebut, jika memang diperlukan.

2. ILovePDF

Langkah-langkah untuk mengubah PDF ke WORD:

  • Anda bisa langsung menunjungi alamat website: https://www.ilovepdf.com/id/pdf-ke-word untuk melakukan proses pengubahan file.
  • Setelah itu, muncul halaman “Konversi PDF ke WORD”. Silah kan klik “Pilih file PDF”.
  • Setelah menentukan file yang ingin diubah, akan muncul halaman “Convert to Word”. Silahkan klik untuk mendapatkan file yang telah diubah.

ILovePDF juga bisa melakukan pengubahan dalam banyak file. Sama halnya dengan website pengubah PDF, di sini juga disediakan menu gabungkan pdf, pisahkan pdf, dan kompres pdf. Jadi, silahkan saja untuk mempelajari lebih lanjut sesuai kebutuhan Anda.

3. freePDFConvert

Langkah-langkah untuk mengubah PDF ke WORD:

  • Anda bisa langsung menunjungi alamat website: https://www.freepdfconvert.com/id/pdf-ke-word untuk melakukan proses pengubahan file.
  • Setelah itu, muncul halaman “Pengonversi PDF ke WORD”. Silah kan klik “Pilih file PDF”.
  • Setelah proses pengubahan selesai, klik “Unduh” untuk mendapatkan file Anda.
cara mengubah pdf ke word

freePDFConvert juga bisa melakukan pengubahan dalam banyak file. Sama halnya dengan website pengubah PDF, di sini juga disediakan menu gabungkan pdf, pisahkan pdf, dan kompres pdf. Jadi, silahkan saja untuk mempelajari lebih lanjut sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga: Cara Menggunakan Zoom Meeting

Cara Mengubah PDF ke Word secara Offline

Mengubah PDF ke Word secara offline menggunakan aplikasi yang harus diunduh terlebih dahulu. Ada beberapa yang bisa dipakai, antara lain UniPDF, Adobe Acrobat Pro, dan Foxit.

Namun, untuk Adobe Acrobat harus Pro sehingga bagi Anda yang terbiasa gratisan, menggunakan UniPDF menjadi pilihan yang terbaik. Tetapi jika ada dana lebih, membli Pro juga sebenarnya tidak rugi, karena pastinya lebih banyak keleluasaan yang ada di dalamnya.

Secara umum, langkah-langkah untuk melakukan pengubahan sebagai berikut:

  • Download aplikasi yang ingin dipakai. Untuk download, silahkan googling secara mandiri.
  • Install program yang sudah didownload.
  • Jika sudah selesai install, jalankan aplikasi untuk memulai pengubahan file.
  • Upload file yang ingin diubah, kemudian tentukan file ekstensi yang akan dituju (Word).
  • Klik Convert dan Save. Tentukan letak penyimpanan file di laptop Anda

Cara Mengubah PDF ke Word tanpa Aplikasi

1. Microsoft Office

Penggunaan Office terbaru dari 2013, 2016 dan 2019 memudahkan kita untuk melaukan pengunbahan file ekstensi PDF menjadi Word. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Buka Microsoft Office > Microsoft Word.
  • Setelah terbuka, pilih menu File > Open file PDF yang akan diubah.
  • Jika nanti muncul pop up peringatan, klik saja OK, Kemudian tunggu file diubah, kemudian Save dengan ekstensi docs. Dokumen An da sudah terkonversi dengan baik.

2. Google Docs

Pengubahan PDF menjadi Word juga bisa dilakukan dengan bantuan Google. Ya, Anda bisa memanfaatkan email Google untuk masuk ke Google Docs.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Masuk terlebih dahulu ke akun Google, kemudian masuk ke Google Drive.
  • Upload dokumen PDF ke Google Drive dan tunggu sampai proses selesai.
  • Setelah upload selesai. Klik kanan pada file PDF yang akan di convert dan pilih Open With > Google Docs.
  • Mulai di sini, susunannya mungkin sudah berubah, diperbaiki saja dulu dan jangan lupa disave sebelum diconvert.
  • Untuk merubah file ke Word, klik File > Download as > Microsoft Word (.docx).

Cara Mengubah Word ke PDF

Untuk mengubah Word ke PDF ini sangat mudah sekali. Jika Anda menggunakan Microsoft Office 2007 ke atas, maka Anda tak perlu khawatir. Karena file Anda hanya butuh Save atau Save As dengan ekstensi PDF.

Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

  • Buka file Word yang ingn diubah menjadi PDF.
  • Klik menu File > Save As. Silahkan pilih format file PDF.
  • Tunggu sampai pengubahan selesai. Jika sudah selesai, maka file Anda telah berubah dari Word ke PDF. Sederhana bukan?

Hal yang harus dipahami dalam pengubahan file adalah semakin besar ukuran file maka proses pengubahan juga akan semakin lama. Jadi bersabarlah.

Sumber:

liputan6.com dan blogpress.id


yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *