Cara menggunakan Zoom Meeting dalam masa pandemi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan.  Termasuk kita yang berprofesi sebagai seorang pendidik. Keadaan memaksa kita untuk tetap memberikan pembelajaran via online. Walaupun tidak ada target kuantitas (nilai) dalam program belajar di rumah, namun tetap saja pendidik harus memberikan tugas atau pembelajaran yang bermakna bagi siswanya. Dan, ini sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa dipakai dalam rangka pembelajaran via online. Mulai dari Google Classroom, Microsoft Education, Rumah Belajar bahkan yang mengharuskan kita bisa bertatap muka online yaitu Zoom Meeting.

Pada bahasan kali ini, saya akan coba untuk memberikan tutorial atau panduan mengajar di rumah dengan menggunakan Zoom Meeting. Inti dari bahasan ini adalah bagaimana kita bisa menampilkan file presentasi pembelajaran kita agar dapat dilihat oleh peserta (audience) meeting kita.

Fitur dalam Zoom Meeting

Fitur Zoom Meeting dalam halaman tatap muka. Ada beberapa menu yang dapat digunakan saat sedang menjalankan aplikasi ini. Mari kita bahas satu persatu secara singkat.

Menu dalam zoom meeting

  1. Participants (menunjukkan jumlah peserta atau audience yang tergabung dalam aplikasi zoom meeting dengan ID dan password yang sama)
  2. Chats (Mempunyai fungsi untuk melakukan chats sesama audience zoom meeting dengan ID dan password yang sama)
  3. Share Screen (Mempunyai fungsi untuk menampilkan file yang akan digunakan untuk presentasi. Sehingga semua audience dapat melihat file yang kita share dalam aplikasi Zoom Meeting.)
  4. Record (Mempunyai fungsi untuk merekam semua aktivitas yang dilakukan selama proses meeting.)
  5. Reactions (mempunyai fungsi untuk memberikan reaksi dengan emoticon. Umumnya dengan jempol tangan atau tepuk tangan.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat dan memahami secara mendetail pada website resmi aplikasi zoom pada alamat support.zoom.us.

Cara Pakai Zoom Meeting di Laptop dan HP

1. Cara Pakai Zoom Meeting di Laptop

  • Masuk ke situs https://zoom.us/. Buat akun terlebih dahulu menggunakan akun email atau Facebook.
  • Setelah registrasi, masuk ke laman utama dan klik My Profile. Di sana ada data Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  • Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan diundang ke video conference yang kamu buat. Atau bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste di browser.
  • Partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom tidak perlu memiliki akun. Mereka cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host.
  • Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  • Klik Join a Meeting

2. Cara Pakai Zoom Meeting di HP

  • Download aplikasi Zoom di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau di Apple Apps Store untuk pengguna iPhone.
  • Sign Up akun menggunakan email atau profil Facebook.
  • Masuk ke Setting atau Pengaturan, kemudian temukan Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  • Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan akan diundang ke video conference yang kamu buat. Atau bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste di browser.
  • Seperti di PC atau laptop, jika kamu adalah partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom, kamu tidak perlu memiliki akun. Kamu cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host.
  • Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  • Partisipan juga bisa Copy-Paste Meeting ID milik Host untuk bergabung ke conference, kemudian klik Join a Meeting,

Cara Men-share File untuk Presentasi

Jika kita akan melakukan presentasi baik untuk seminar maupun dalam pembelajaran daring, adakalanya kita menjelaskan sesuatu menggunakan file. File dapat berupa ekstensi pdf, word, excell, ataupun ppt. Atau mungkin bentuk ekstensi yang lain. Hal ini bertujuan agar para peserta meeting melihat dengan saksama penjelasan dari kita.

Oleh karena itu, sangat penting kiranya men-share file agar dilihat oleh semua peserta agar memudahkan dalam pemahaman dan kelancaran presentasi. Nah, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut.

  1. Semua peserta dipastikan sudah bergabung dalam aplikasi zoom meeting dengan ID dan password meeting yang telah dibagi oleh host (admin).
  2. Setelah tergabung, pastikan mikrofon setiap peserta diaktifkan. Host mempunyai wewenang untuk mengaktifkan dan menonaktfkan mikrofon dari peserta. Untuk awal, peserta dapat menghidupkan mikrofonnya pada menu mikrofon di sebelah kiri layar tatap muka.
  3. Jika ingin menshare file, maka pastikan file dibuka dahulu sebelum aplikasi Zoom dibuka. Sehingga Zoom dapat mendeteksi layar tab windows yang aktif.
  4. Klik Share Screen untuk memilih file yang akan di share di layar tatap muka aplikasi Zoom Meeting yang nanti akan dilihat oleh para peserta.

cara share file di zoom meeting

5. Setelah tampilan di atas muncul, silahkan klik file yang akan ditampilkan dalam layar laptop atau android dari peserta meeting. Silahkan mulai untuk menjelaskan materi Anda.

6. Jika sudah selesai menjelaskan, silahkan klik Stop Share untuk menutup penjelasan dari semua materi yang sudah Anda jelaskan.

Demikian penjelasan mengenai penggunaan fitur share file dalam aplikasi Zoom Meeting. Aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk pembelajaran kreatif.


yudhistira

I am a father, teacher at some school in West Borneo and want to be a good learner for my life.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *